Jumat, 24 Oktober 2008

Permainan Sederhana Untuk Anda dan Buah Hati(bagian 2)

USIA 18 – 24 BULAN
Kini ia jauh lebih pandai berbicara dan memiliki kemampuan untuk memahami banyak perkataan Anda. Kebanyakan anak pada usia ini dapat mengucapkan 30 hingga 50 kata dan sudah bisa merangkai dua suku kata. Si kecil juga sudah menguasai kemampuan motorik baru seperti menyusun balok, melempar dan menangkap bola dengan sempurna, serta berlari dan melompat. Kini saat yang tepat untuk menciptakan permainan yang lebih kreatif bersamanya.

Senang, Sedih dan Marah
Meskipun anak mulai merasakan emosi sejak ia dilahirkan, namun pemahaman akan berbagai jenis ekspresi baru mulai dikembangkan pada usia ini. Dengan bantuan boneka tangan, anak bisa mengembangkan kemampuan kognitif, memahami berbagai ekpresi berdasarkan emosi dan mengembangkan kemampuan berbahasa.

Yang perlu disiapkan:

  • Pada satu lembar kertas, gambar berbagai ekspresi wajah mulai dari senang, sedih, marah, takut, dll.
  • Gunting dan rekatkan tiap ekspresi wajah pada gelas kertas warna warni yang muat untuk dimasuki tangan Anda.
  • Pangku si kecil dan berceritalah dengan bantuan boneka tangan tersebut.
  • Saat tokoh utama sedang sedih, keluarkan boneka berwajah sedih, begitu pula saat sedang gembira atau marah.
Sama atau Berbeda?
Pada masa ini, kemampuan kognitif anak berkembang dengan pesat. Ia sudah dapat mengelompokkan berbagai benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya. Ini permainan yang bisa membantu meningkatkan kemampuannya:
  • Sediakan berbagai mainan yang dimiliki si kecil seperti boneka, permainan bongkar pasang, bola, alat tulis, dll
  • Bagi mainan tersebut dalam tiga kelompok. Tiap kelompok harus memiliki dua mainan yang sejenis dan satu yang berbeda. (misalnya satu boneka kelinci, satu boneka teddy, dan satu alat tulis dalam satu kelompok).
  • Taruh mainan tersebut di atas meja dan minta si kecil untuk memilih mainan apa yang tidak sejenis dengan kedua mainan lain. Beri waktu padanya untuk berfikir. Jika ia terlihat mengalami kesulitan, Bantu ia dengan memberi petunjuk seperti, “Yang dua jenis bisa dipeluk dan di ajak tidur, yang satu lagi tidak.”
  • Jika ia berhasil, lanjutkan dengan kelompok mainan yang lain. Beri penghargaan berupa pelukan atau kata-kata pembangkit semangat saat ia berhasil.
USIA 24 – 36 BULAN
Saat anak memasuki usia 36 bulan. Ia sudah menguasai hingga 900 kata dan bisa berkomunikasi dengan tiga hingga lima kalimat. Pada tahap ini, rasa ingin tahunya sangat besar. Dukungan dan kasih sayang Anda akan sangat membantunya tumbuh menjadi anak yang bahagia dan penuh percaya diri.

Berburu Harta Karun
Sebenarnya, ini adalah bentuk yang lebih kompleks dari permainan petak umpet. Hanya saja, yang bersembunyi bukan orang tapi barang yang sangat menarik untuk ditemukan si kecil.

  • Pilih satu jenis mainan yang paling disukai si kecil, atau hadiah kejutan yang Anda tahu ia sukai.
  • Sembunyikan barang tersebut pada lokasi yang sebenarnya umum dan mudah di jangkau. Tapi samarkan sedikit keberadaannya agar tidak terlalu mudah ditemukan. Misalnya meletakkan satu set crayon yang baru Anda beli di atas sofa, tapi sembunyikan dibalik beberapa bantal.
  • Bawa si kecil ke ruangan dan beri tahu bahwa Anda sudah menyembunyikan satu hadiah spesial untuknya. Saat ia mencari, beri petunjuk seperti, “Ayo, kamu semakin dekat dengan hadiah itu.”
Tip:
Jangan menyembunyikan mainan pada tempat-tempat yang sulit dijangkau anak dan pastikan ruangan sudah aman dari berbagai benda yang bisa melukainya.

Apa Yang Kau Lihat?
Saat sedang berjalan-jalan di luar ruangan atau berkendara di dalam mobil, stimulasi kemampuan visualnya dengan bertanya padanya: Apa yang kau lihat? Permainan ini bisa mengusir kebosanan saat sedang berkendara jauh dan membantunya mengembangkan kemampuan untuk mengamati alam sekitar.

  • Tanyakan padanya: Apa yang kau lihat?
  • Jika anak menjawab, “Bunga!” lanjutkan dengan menanyakan hal-hal seperti warna bunga tersebut, bagaimana bentuknya, seperti apa daun yang tumbuh di tangkainya, dll
(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Parents Indonesia)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda